Oleh: Pemuda Sukses | Desember 23, 2011

Larangan Memakai Wig dan Hair Extension (Menyambung Rambut)

hair

Wig dalam kehidupan sehari-hari di jaman modern ini sudah menjadi salah satu alat kecantikan tidak hanya bagi kaum Hawa, namun kaum Adam juga sudah banyak yang memanfaatkan wig. Wig banyak sekali digunakan tidak saja dalam rangka mempercantik diri, tapi juga sebagai salah satu penanda hidup yang modern. Banyak aktor dan artis menggunakan wig untuk tampil dalam akting mereka. Bahkan di jawa sendiri, wig digunakan dalam acara pernikahan. Kita bisa lihat, tidak hanya pengantin yang mengenakan wig, namun juga para pengiring dan orang tua pengantin.

Pendapat yg ekstrem bahkan menyatakan bahwa WIG MENGGANTIKAN POSISI JILBAB atau KERUDUNG, karena pada dasarnya wig menutupi rambut yg ’sebenarnya’. Wah wah wah…ini pendapat yang SANGAT KELIRU. Kita tinjau wig lebih detil dari sudut fikih Islam.

Pada dasarnya Islam TIDAK MELARANG seseorang untuk berhias dan mempercantik diri. Hal ini tertuang di QS 7 – Al A’raf: 26 yang artinya”Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan padamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan.” Namun, Islam memberikan batasan-batasan, agar jangan sampai kecantikan tersebut malah memperdaya manusia sehingga terjerumus ke dalam jurang kebinasaan.

Berkaitan dengan wig, sebuah hadits berikut bisa dijadikan salah satu referensi. Dari Asma’, dia mengatakan,”seorang wanita bertanya kepada Rasululloh SAW,’wahai Rasululloh, anak saya terkena penyakit hingga rambutnya rontok, dan saya ingin menikahkannya. Apakah saya boleh menyambung rambutnya?’ Rasululloh SAW menjawab,”ALLOH SWT melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan yang meminta disambungkan rambutnya.” (HR Bukhari)

Dari hadits di atas, kita bisa tarik kesimpulan bahwa ALLOH SWT SANGAT TIDAK MENYUKAI bahka MENGUTUK pemakaian wig, dalam berbagai cara dan metode serta alasan apapun. Baik wig terbuat dari rambut asli ataupun buatan, baik karena kesehatan (terlebih ‘hanya’ karena pernikahan), dst dst.

Seorang ulama Islam, Yusuf Qardhawi, dalam bukunya yang berjudul Halal dan Haram, menyatakan bahwa pelarangan penggunaan wig ini dikarenakan wig MENGANDUNG UNSUR PENIPUAN. Hal lain (kemungkinan besar menjadikan pemakai wig DIKUTUK ALLOH SWT) karena pemakai WIG = TIDAK MENSYUKURI PEMBERIAN ALLOH SWT.

Riwayat hadits lain menceritakan, Muawiyah berkata kepada penduduk Madinah,”Di manakah ulama kalian? Sesungguhnya saya pernah mendengar Rasululloh SAW melarang hal ini seraya bersabda,”Sesungguhnya, Bani Israil menjadi rusak ketika perempuan-perempuan mereka memakai ini (wig).” (HR Bukhari)

Dari hal ini kita bisa tarik kesimpulan bahwa PEMAKAIAN WIG = HARAM. Jangan sampai kita terjerumus ke dalam jurang kebinasaan hanya karena niat kita untuk tampil lebih cantik. Masih banyak cara untuk menjadi cantik yang diperbolehkan Islam, tanpa perlu melanggar syari’at dan menyalahi aturan-Nya.


Responses

  1. wholesalewigsonline.com strongly recommend. Personally I bought a large amount of real human hair wigs from wholesalewigsonline.com I received my hair so quick and is particularly completely the particular softest, most incredible hair that i’ve everseen it will always be comfortable and exquisite,this hair is remarkable! superior quality and sturdiness, it is possible to work together with and maintain on…..

  2. Sblum’y trima kasih atas pmberitahuan’y,,,saya seorang muslin dan sehari” saya menggunakan jilbab,,tapi kalau depan suami saya, saya tdak menggunakan jilbab,,yg saya ingin tanya kan,,,saya kan ingin tampil cantik depan suami,,,bila saya memakai wig dpan suami agar terlihat cantik di depannya,,apa kah saya tetap berdosa bila tetap memakai wig ddepan suami

  3. Ohh gitu ya jadi gak boleh pakai wig(rambut palsu)tadinya mau beli eh pas dilihat di google gak boleh

    Terima kasih saran nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: